Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Minggu, 25 Maret 2012


Mari Mempersiapkan Diri
“Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan dinegeri itu bagi segenap penduduknya . Itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, dan kamu harus masing-masing pulang ketanah miliknya dan kepada kaumnya”  (Imamat 25:10) .  Saudara, kita tahu bahwa tahun Yobel, adalah tahun pembebasan bagi umat Tuhan .  Saya teringat, ketika umat Tuhan dibebaskan dari tanah Mesir .  Sebelum Tuhan bebaskan umat’ Nya, telah terjadi berbagai peristiwa luar biasa, ajaib dan musathil, oleh karena kekerasan hati Firaun .  Seperti air jadi darah .  Binatang yang pindah tempat dengan jumlah yang amat banyak .  Penyakit-penyakit yang aneh . Kematian atau kelahiran bayi yang aneh dan seperti ajaib .  Dan hal yang kurang lebih hampir sama, sekarang terjadi juga didunia, dijaman kita sekarang ini . Orang boleh saja mengatakan, bahwa itu hanya kebetulan saja .  Tetapi saya percaya, bahwa tahun Yobel bagi seluruh umat Tuhan diseluruh dunia ini, akan segera terjadi .  Dimana Tuhan akan datang sendiri, untuk bebaskan umat’Nya, dari dunia dan siiblis yang terus mengeraskan hati, dalam dosa dan kejahatan .  Selanjutnya, tanda yang lain, seperti dijaman Nuh, dimana Allah mengganti hampir semua penghuni bumi, dengan yang baru .  Saat itu, manusia juga sudah tidak memperdulikan Tuhan .  Sama seperti manusia jaman ini .  Dimulutnya mengatakan Tuhan, tetapi dihatinya penuh dengan kejahatan dan tipu muslihat .  Sama sekali, tak ada rasa takut dan malunya kepada Tuhan .  Juga seperti pada jaman Lot, dimana manusia saat itu, sudah sangat tinggi kadar kejahatannya .  Dan jika kita melihat semua itu, merupakan gambaran juga pada jaman ini, maka sebaiknya mari kita mulai mempersiapkan diri, untuk menerima tahun Pembebasan bagi umat Tuhan . Dari ayat bacaan diatas, saya melihat ada 3 hal yang tersirat didalamnya, yaitu :   
1)  Terima panggilan pembebasan .   Dikatakan, bahwa ; ‘kamu harus menguduskan tahun yang ke lima puluh’ , artinya ada perintah atau panggilan yang harus mau kita dengar .  Apakah panggilan itu ?  “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat !”  (Matius 3:2) .  Lalu bagaimana, jika kita tidak mau peduli dengan panggilan itu ?  “Kapak sudah tersedia, untuk menebang pohon yang tidak mau berbuah”  (Matius 3:10) .  2)  Siapkan atau buka jalan bagi Tuhan .  Baik pada diri sendiri mau pun orang lain .  Mengapa ?  Sebab dikatakan ; memaklumkan kebe basan bagi setiap orang,artinya bukan saja untuk dirinya sendiri,tapi juga untuk orang lain, termasuk jadi tang gung jawabnya .   
3)  Mempersiapkan diri, sebagai umat yang menerima pembebasan (Lukas 1:17) .  Dikatakan, agar ; “masing-masing kembali ketanah airnya .  Ini bukan berarti pulang kampung setelah lebaran/difitri kan .  Tetapi supaya kita dipersiapkan, kembali menjadi serupa dan segambar dengan Allah .   Dan jika kita lakukan hal itu, maka inilah yang akan kita terima, yaitu ; “dibedakan/dipisahkan dari segala manusia seisi dunia”  (Keluaran 11:7 + Maleakhi 3:18) .  Gbu .                   

Tidak ada komentar: