Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Minggu, 22 April 2012


Untuk Apa Tuhan Datang ?
Didalam penjara Yohanes mendengar tentang pekerjaan Kristus, lalu menyuruh murid-murid nya bertanya kepadaNya ; “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain ?” (Matius 11:2-3) . Rupanya kedata ngan Tuhan Yesus ini, telah sangat diharap dan dinantikan oleh mereka yang ada didunia ini .  Lalu sebenarnya untuk apa, Tuhan datang ke dunia ini ?  1)  Datang sebagai juruselamat manusia .  Lukas 2 : 11, mengatakan ; “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, dikota Daud” .  Dan Dia bukan saja sebagai Juruselamat yang menyelamatkan jiwa dan roh kita sampai ke Surga, tapi juga yang menyelamatkan atau meluputkan atau membebaskan atau menolong hidup kita, selama berada didunia ini .  Itulah sebabnya Dia katakan ; “Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan,.. mati..miskin..” dan seterusnya (Matius 11:4-5) .  
2)  Datang untuk jadikan kita, sebagai anak-anak Allah semesta alam .  Yohanes 1;12 , mengatakan ; Dia beri kita kuasa untuk dijadikan sebagai anak-anak Allah .  Dan sebagai anak, bukan saja kelak berkuasa dan memerintah bersama-sama dengan Kristus selama 1000 tahun lamanya (Wahyu 20:6), dan bahkan hidup kekal, bersama-sama Allah (Wahyu 22:5) . Tetapi selama kita didunia inipun, kita sudah diperlakukan sebagai anak-anak Allah yang di istimewakan atau dibedakan dari manusia yang lainnya (Keluaran 33:16 /9:4 /11:7 + Maleakhi 3:18) .
3)  Akan datang juga sebagai Hakim .  Saudara, ingat !  bahwa Tuhan bukan hanya datang untuk menyelamatkan atau menolong, atau juga mengistimewakan kita, tetapi 1 hari nanti ; Dia juga pasti akan datang sebagai hakim,yang akan menghakimi semua manusia, bahkan juga kita (K.Rasul 10:42 /Mazmur 96:13/dll ) .  Satu ketika, ada seorang penjahat diajukan kepengadilan .  Dan kebetulan hakim yang mengadili,adalah hakim yg 10 tahun lalu, pernah selamatkan orang ini dari bencana alam yang dahsyat .  Sejak ditolong sampai 3 bulan berikutnya,hakim inilah yang mencukupkan segala kebutuhan ; makan,minum,pakai dan juga kesehatan orang ini .  Kini setelah 10 tahun,dia bertemu lagi dengan hakim itu sebagai terdakwa .  Saat akan dijatuhi hukuman,terdakwa bicara pada hakim yang dikenalnya itu ; “Pak, apa masih kenal saya ?  Saya yg dulu pernah diselamatkan dan ditolong bapa, 10 tahun yang lalu .  Jika dulu bapak pernah menyelamatkan dan menolong saya, maka saya mohon untuk 1 x lagi tolonglah saya !” .  “Saudara, dulu saya memang datang sebagai juru selamat & penolong buat kamu . Tapi kali ini,saya datang dengan 1 tugas,yaitu ;”Menghakimi”.  Saudara, segala kebaikan, kasih, kemurahan, dan kesabaran Tuhan,jangan sampai buat kita terlena, hingga ketika dengan tiba-tiba Dia datang sebagai hakim, kita justru jadi terdakwa yang dihukum . Sebab saat kedatangan Nya, tak ada seorangpun yang tahu . Gbu .  

Tidak ada komentar: