Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Rabu, 02 Mei 2012

Doa Menyelesaikan Masalahmu“ 
(Yakobus 5 : 13 – 16)
Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa ! (Yakobus 5:13) .  Terasa aneh bukan, jika Alkitab sama sekali tidak pernah menga jarkan umat Tuhan,untuk pergi mencari obat ini atau itu . Atau mencari tabib ini atau itu, atau makan ini atau itu, atau melakukan ini atau itu ? Tapi Alkitab hanya mengajarkan satu hal, untuk mengatasi segala hal, yaitu ; ‘BERDOA’ . Lalu hal apa sajakah yang perlu kita perhatikan, jika datang ber doa kepada Tuhan ? Yaitu : 
1Berdamai dengan Tuhan .  Saudara, berdoa sepanjang apapun, atau sekeras apapun, bahkan sampai jungkir balik sekalipun,pasti tidak akan pernah didengar oleh Tuhan jika ada dosa atau kejahatan dalam diri kita (Yes. 59:2) .  Oleh sebab itu,segeralah selesaikan dulu masa lah kita dengan Tuhan . Misalnya, dengan mengakui dan meminta ampun atas segala dosa kesalahan,yang disadari atau tidak (1Yoh.1:9). Namun ingat, pengampunan sebenarnya belum bisa kita terima secara utuh,jika baru mencapai ; ‘mengakui, dan minta ampun saja. Sebab perlu 1 langkah lagi, yaitu ; mulailah bertindak untuk meninggalkan dosa itu .  (Dengan mengakui dan meninggalkan dosanya, akan sangat disayangi Tuhan = Amsal 28:13) . (Yang juga akan membuat doanya didengar Tuhan, serta dapatkan ampunan dosa dan kehidupannya dipulihkan Tuhan = 2 Tawarikh 7:14) .
2Berdamai dengan orang lain .  Saudara, seberapa besarpun persembahan yang kita korbankan bagi Tuhan, pasti akan ditolak dan disuruh’Nya pergi, jika ternyata kita ada masalah kebencian, pertengkaran, dengan sesama kita manusia (Matius 5:23-25) .  Meski sebenarnya masalah yang terjadi, bukan kita yang salah atau memulainya, tetapi tetap saja sebagai anak-anak’Nya, Tuhan mau kita saling mengampuni dan saling mengasihi, dengan siapa pun sesama manusia  . Tuhan tidak mau, kita membalas kejahatan dengan kejahatan, melainkan membalasnya dengan kasih dan pengampunan . Sebab kepada mereka yang hidup rukun, kesanalah Tuhan memerintahkan ber kat-berkat’Nya (Mazmur 133:1,3) .  Dan jika kita tak bisa mengampuni orang lain, maka Tuhan juga pasti tidak akan mau mengampuni kita, dan itu jelas akan menghalangi doa kita (Matius 6:14-15) . Itulah sebabnya Yakobus 5;16, mengatakan ; supaya saling mengaku dosa dan saling mengampuni, agar kita dijadikan’Nya sembuh .     
3Berdoa penuh keyakinan/iman teguh bahwaTuhan pasti menolong.  Apakah kuasa Tuhan,masih terus terjadi sampai saat ini ? Ada orang nonton ibadah di televisi, saat doa dia juga berdoa . Dan dia mendapat, kesembuhan .  Dari radio, dari buku kesaksian,dan lain-lain, kuasa Tuhan,masih terus bekerja sampai saat ini . Oleh sebab itu berdoa dan mintalah kesembuhan dengan penuh keyakinan (Yakobus 5:16) .  Meski doa kita, mungkin akan diuji dengan ketekunan .  Atau iman kita mungkin, akan diterjang badai gelombang, yang meng ombang-ambingkan kita kekanan ataupun kekiri . Tetaplah percaya teguh, sebab Yang menjanjikan itu, penuh kasih setia . Gbu .

Tidak ada komentar: