Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Jumat, 24 Agustus 2012


Jika Sungguh Berbalik Pada Tuhan“ 
“dan apabila engkau berbalik kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu” (Ulangan 30:10 b) . Saudara, apakah yg akan didapatkan seseorang, apabila dia sungguh-sungguh berbalik dan meninggalkan jalan-jalannya yg jahat ? 
1 Tuhan ampuni dan hapuskan segala dosanya .  Satu ketika seseorang bertanya pada saya, katanya ; Jika dulu dia pernah melakukan kesalahan, apakah Tuhan mau mengampuni dosa-dosanya ?  Tentu saja jika kita sungguh-sungguh mau berbalik/bertobat, maka Tuhan yg maha pemurah, pasti akan selalu mengampuni segala dosa kita . Dan bukan saja mengampuni, bahkan Tuhan akan hapuskan ingatan akan dosa itu, dan melemparkannya kedalam tubir-tubir laut  (Mikha 7:19), sehingga tidak akan ada orang yg dapat menemukannya kembali . Dulu waktu muda saya berlaku sangat nakal, sehingga memalukan dan menjijik kan . Dan ketika saya bertobat dan berbalik sungguh-sungguh, saya pikir orang akan tetap ingat segala kenakalan dan kebodohan saya dimasa lalu . Tetapi nyatanya, orang-orang tak lagi mau melihat dan mengingat semua itu (kecuali jika saya kembali jatuh), malahan yg mereka lihat ; adalah kehormatan, kemuliaan dan kuasa Tuhan yg dinyatakan dalam hidup saya .  Sebab jika Tuhan sudah hapus,maka kehinaanpun bisa berubah jadi kehormatan.
2 Tuhan lindungi dari akibat dosa masa lalu . Setelah bertobat, saya pikir ; saya akan tetap menerima akibat-akibat dosa masa lalu .  Nyatanya, ketika saya bertemu kembali dengan orang-orang yg padanya saya pernah berbuat salah, mereka semua sama sekali lupa dan seakan-akan hal itu sama sekali tak pernah terjadi, bahkan mereka percaya dan menjadi jemaat digereja saya . Sebab jika Tuhan berkenan pada jalan seseorang,maka musuh orang itupun didamaikan Tuhan dengannya (Amsal 16:7) .   Sebab jika saya masih juga harus menanggung akibat kesalahan masa lalu, maka itu artinya ; Penebusan Tuhan dikayu salib, sama sekali tidak sempurna atau bahkan sama sekali tidak ada artinya .  Coba bayangkan, apa akibatnya : jika Paulus masih harus memikul/ membayar atas segala perilakunya dahulu, pada umat Tuhan ? Jadi jangan takut ; akibat dosa masa lalu itu, tidak perlu lagi kita bayar, atau kutuknya tak akan lagi menimpa kita .  Sebab Tuhan sudah membayarnya lunas dikayu salib. 
3 Tuhan akan pulihkan jadi indah .  Tuhan bukan saja akan ampuni, akan lindungi, tetapi juga Tuhan akan pulih kan dan angkat hidup kita tinggi-tinggi, dalam kemuliaanNya . Dia akan pimpin kita pada hal-hal yg besar dan ajaib, untuk masuk dalam rancangan’Nya yg terbaik dan termulia . Gbu  

Tidak ada komentar: