Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Rabu, 01 Agustus 2012

Upah Hidup Benar
"Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN” (Kejadian 6:8). Saudara,hal apakah yg membuat Nuh mendapatkan “kasih karunia ?” Kejadian 6:9, menjelaskan ; Karena Nuh hidup benar .  Lalu apa ukurannya, untuk bisa dikatakan “hidup benar ?” .  Ketika Tuhan meme rintahkan Nuh membuat perahu, maka semua perintah Tuhan, baik itu dari jenis kayu, ukuran panjang dan lebar, juga tinggi dan tingkat annya, yg nampaknya sangat begitu rumit dan banyak, namun semuanya ditaati Nuh dengan tepat (Kejadian 6:22) . Jadi hidup benar itu, artinya ; “melakukan/ mentaati semua yg Tuhan perintahkan.  Lalu kasih karunia apa sajakah yg Nuh terima dari Tuhan, karena hidup benarnya ?  1) Nuh selalu dibedakan/diistimewakan Tuhan (Ayat 8) .  Ketika semua akan dibinasakan, Nuh justru mendapat kasih karunia / dibedakan oleh Tuhan .  Ketika semua dimurkai, Nuh justru mendapat kasih sayang .  Ketika yg lain mengalami bencana, Nuh justru tentram dan diselamatkan .  Demikian juga, ketika semua hewan-hewan orang Mesir dan anak-anak sulungnya semua mati, tapi khewan kepunyaan umat Israel dan semua anak-anak sulungnya dibedakan Tuhan .  Apakah kita juga akan dibedakan Tuhan, saat dunia makin sukar, dunia makin jahat, dan bencana dimana-mana ?  Jika kita ingin dibedakan/diistimewakan, doanya, hidupnya, berkatnya, perlindung annya, dan lain sebagainya, maka “hiduplah benar” .  
2)  Semua yang Nuh perlukan, datang sendiri .  Saat membuat bahtera, Nuh juga disuruh kumpulkan semua binatang sepasang-sepasang. Juga harus,kumpulkan bahan makanan untuk berbulan-bulan, bagaimana mungkin, semua pekerjaan itu dilakukannya sendiri ?  Tapi Tuhan justru buat, semua khewan itu, datang sendiri padanya sepasang-sepasang, sambil membawa makanannya sendiri, dan juga untuk Nuh dan keluarganya (Ayat 19-21) .  Jadi seseorang yg hidup benar, rupanya tak perlu mengejar-ngejar rejeki, sebab rejeki itu sendirilah yg akan mengejar/ mengikuti dia (Mazmur 23:6) .  Demikian pula, ketika Adam & Hawa masih hidup benar,maka mereka diberkati dan berkuasa atas seluruh dunia dan semua ciptaan Allah (Kejadian 1:28). Dan barulah mereka hidup menderita,ketika sudah tidak lagi hidup dalam kebenaran.  
3)  Seluruh keluarga turut nikmati semua kasih karunia itu (Kejadian 7:1) .  Saudara, tujuan/keinginan semua orang, pastinya ingin semua keluarga/seisi rumahnya mendapatkan kasih karunia Tuhan , seperti ; diistimewakan, diberkati, diselamatkan, dilindungi, dan lain sebagainya .  Dan itu  akan bisa mereka peroleh, jika kita mau berubah jadi ; “hidup benar”,   Gbu .

Tidak ada komentar: