Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Selasa, 20 November 2012


Apa Yang Dicari Manusia ?
Tetapi Yesus menoleh kebelakang .  Ia melihat, bahwa mereka mengikuti Dia lalu berkata kepada mereka : “Apakah yang kamu cari ?“  Kata mereka kepadaNya : “Rabi (artinya : Guru), di manakah Engkau tinggal ?” (Yohanes 1;38) .  Saudara dari apa yang saya lihat dan perhatikan, biasanya yang dicari oleh manusia itu, adalah :  1)  Ketika masih kecil .  Biasanya yang dicari, kurang lebih seperti ;  Kesenangan, kebahagiaan, kasih sayang, rasa aman, nyaman dan tenang, pertolongan mengatasi segala masalahnya, teman atau sahabat yang baik dan setia, juga masa depan yang menyenangkan dan bahagia .  Lalu masuk surga .  2)  Ketika sudah besar .  Atau sedikit dewasa, mereka ingin studinya berhasil, ingin punya pacar yang saling cinta, baik, setia, sayang, diberkati, dan lain sebagainya .  Lebih dewasa lagi, ingin punya pekerjaan, yang baik dan menyenangkan, lalu cari istri atau suami .  Lalu ingin kekayaan yang melimpah, dan jadi orang berhasil disegala bidang kemanusiaan . Dan pada akhirnya ingin masuk surga .   
3)  Ketika telah menjadi tua . Ingin hidup damai, tenang, bahagia, serba kecukupan, dihormati, dibanggakan, hidup sehat selalu, tidak sakit-sakit dan tidak menjadi lemah, umur panjang, tanpa ada satu kekurangan apapun . Dan pada akhirnya,pasti dia juga ingin selamat masuk surga .  
Tapi menurut Firman Tuhan, semua yg manusia cari dan inginkan itu ; akan gagal, jika hanya melakukan usahanya secara manusiawi belaka. Sebab menurut Firman Tuhan ; terkutuk dan tak akan berhasil, mereka yg tidak mengandalkan Tuhan dalam kehidupannya (Yeremia 17:5-6) .  Kita juga pasti tidak akan berhasil, tidak akan berhasil dengan sempurna, sebab : si iblis akan terus berusaha untuk gagalkan semua usaha kita, dia akan rusak dan hancurkan hidup kita, mencuri segala anugerah Tuhan yang seharusnya kita terima, mencuri kebahagiaan kita, bahkan membinasakan kita sampai kepada kekal (Yohanes 10:10) . Tapi hanya bersama Tuhan kita akan berhasil, sebab Tuhan tak pernah gagal dan sanggup lakukan segala sesuatu (Ayub 42:2) . Bahkan jadikan yang tidak ada, menjadi ada (Roma 4:17) . Sebab didalam NamaNya-lah, segala janji Allah digenapi bagi kita (2 Korintus 1:20). Dan jangan pula kita lupa, bahwa ; pemilik atau penguasa keberhasilan dan keberuntungan hanyalah Tuhan (1 Samuel 2:6-7 + Yesaya 45:6-7).  Saudara,seandainya kita ditawarkan ; a. Mau jadi orang kaya raya  / b. Mau jadi orang berkedudukan tinggi, atau ; c. Mau jadi orang sehat ?  Tentunya kita harus punya pilihan yg bijaksana, yaitu ;  orang sehat . Sebab buat apa kaya raya, atau kedudukan tinggi, tapi terus menerus sakit ?  Tapi dengan keadaan kita yang sehat, tentunya kita bisa usaha dan kerja keras untuk dapatkan lebih dari semuanya itu .  Seperti juga jawaban dan pilihan cerdik dari para murid, yg mengikuti Tuhan saat itu, yaitu ;  mencari atau mendapatkan rumah Tuhan .  Sebab memang pada akhirnya,dari semua keinginan yg paling diinginkan oleh semua manusia,tentunya adalah : bisa masuk surga .  Sebab dirumah Tuhan, tentunya takkan ada lagi kekurangan,kesedihan,kekurangan,kematian, penderitaan,kesusahan dan lain sebagainya .  Dan ini juga berarti, jika kita merindukan semua yang dicari manusia, maka carilah terlebih dahulu Tuhan (Kerajaan Allah dan segala kebenaranNya = Matius 6:33), maka barulah kita bisa berhasil mendapatkannya secara sempurna (Mazmur 37:3-4) . Gbu .    

Tidak ada komentar: