Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Rabu, 21 November 2012


Berjuang Lewat Pintu Yang Sesak “
"karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yg menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yg mendapatinya”  (Matius 7:14) .  Dari bacaan diatas, kurang lebih menyimpul kan ; bahwa untuk bisa masuk pada hidup kekal di Surga, atau juga untuk mendapat kan berbagai kasih karunia Tuhan, ternyata bukanlah suatu perkara yg mudah .  Sebab dikatakan,harus melalui pintu yg sempit dan sesak. Namun hal itu,bukan berarti tak bisa untuk didapatkan. Hanya saja karena pintu yg terlalu sesak dan sempit, maka ada beberapa upaya yg terlebih dulu harus dilakukan : 
1)  Mengecilkan diri, yang berarti : Menyadari benar, bahwa tidak akan berdaya apa-apa, tanpa Tuhan .  Dan orang yg tak berdaya atau seperti yatim piatu inilah, yg sangat dikasihi Tuhan (Mazmur 10:14 b) .  Karena orang yang sombong dibenci Tuhan  (Amsal 8:13 b) . Yeremia 17:5 , mengata kan ; Tuhan mengutuk orang yg andal kan dirinya sendiri/ merasa mampu dan tak memerlukan Tuhan . Jadi orang seperti apa, yg akan mampu melalui pintu sesak dan sempit tadi ?  Yaitu ; Orang yg senantiasa mengandalkan Tuhan, dalam kehidupannya .  
2)  Mengusahakannya segenap hati dan kekuatan .  Dikarenakan pintu masuk tadi sesak dan sempit, maka tak akan mungkin dapat memasukinya, jika tanpa kemauan dan usaha yg keras dan sungguh-sungguh .  Jadi usaha kanlah dengan sepenuh hati, biar janji itu semakin pasti bagimu (Ibrani 6:11) .  Sebab Tuhan memberi upah pada yg bersungguh-sungguh mencari Dia (Ibrani 11:6) .  Doa orang yg sungguh-sungguh, sangat besar kuasanya, bahkan dapat mengubah segala sesuatu (Yakobus 5:17) .  Juga doa dan puasa, adalah salah satu usaha bagus, untuk menunjukkan ke sungguhan kita dihadapan Tuhan .  
3)  Membuang semua beban yg tak perlu . Jika kita masih tak mau melepaskan beban-beban yg merintangi, seperti dosa/ kehidupan yg lama, maka sulit sekali,bahkan mustahil bagi kita untuk bisa memasukinya. Jadi tanggalkan dan tinggalkanlah segala beban yg merintangi .  Karena dosa dan kesalahan, dapat merintangi pertolongan Tuhan (Yesaya 59:2) .  Dosa dan kesalahan, juga dapat menghalangi yg baik, terjadi dalam hidup kita (Yeremia 5:25) . Jadi rendahkanlah diri mu, dibawah tangan yg kuat, supaya Tuhan tinggi kan (1 Petrus 5:6) .  Usahakanlah dengan sekuat tenaga dan kemampuan, dan tanggal kanlah segala kehidupan yang lama, agar sabas pada apa yg Tuhan janjikan . Gbu .

Tidak ada komentar: