Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Selasa, 22 November 2011


Belajar Memahami Jalan Tuhan (Kejadian 45 : 5)
Yusuf minta pd sdr2nya, utk tdk terus menyesali kejahatan yg telah dilakukan kpdnya . demikian jg Yusuf tdk sesali segala sesuatu yg telah pernah dia alami. Karena ahirnya dia tahu, bahwa Tuhan merencanakan sesuatu yg teramat indah baginya dan bangsanya . Itulah inti kesimpulan dari ayat tersebut . Jadi dari ayat tersebut kita bisa menarik pelajaran, bahwa :  
1) Keadaan yg buruk/sukar, belum tentu menghasilkan sesuatu yg buruk . Malah keadaan yg sukar/berat, biasanya dpt membentuk otot-otot iman/rohani kita. Contoh Musa terbuang kepadang belantara,untuk membentuk dan mempersiapkan nya untuk memimpin dan membebaskan bangsanya . Yusuf dibentuk dlm berbagai kesukaran agar menjadi pemimpin hebat dan berpikiran dewasa, seperti perkata annya di ayat diatas . 
2) Jalan mundur ataupun menurun terkadang dipakai Tuhan, untuk mensiasati musuh (Contoh pepera- ngan Daud, spy mundur dulu/ berputar kebelakang, untuk menang = baca 2 Samuel 5 : 19,23 + Roma 8 : 28) . Seorang peloncat jauh, harus mundur dulu jauh kebelakang, untuk bisa melompat dan melesat lebih jauh . Iblis pikir Allah kalah dgn kematian Yesus dikayu salib, padahal justru dia yg kalah . 
3) Jalan sukar justru semakin membuat kita bisa melihat betapa baik dan besarnya kasih kemurahan Tuhan pada kita . Sebab tanpa lapar, tak mungkin kita tahu nikmatnya makan ? Tanpa pernah sakit, mana bisa kita tahu enaknya sehat ? Tanpa pernah merasakan kekurangan, mana bisa kita ber-syukur saat kelimpahan ? Tanpa kesukarangan, mana mungkin kita tahu dan melihat kebaikan dan pertolongan Tuhan . Percayalah lewat berbagai kesukaran, justru kemuliaan Tuhan akan dinyatakan (Yoh.11:4) . Jadi apapun keadaan maupun jalan yang tengah kita alami, janganlah semuanya itu, membuat kita gentar, lemah, undur, apalagi berputus asa . Sebab percayalah Bapa tidak pernah akan membiar kan apalagi meninggalkan kita senidiri, Dia pasti akan bersegera menolongmu, dan membuat yang buruk menjadi hebat . Tuhan memberkati .

Tidak ada komentar: