Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Jumat, 18 Mei 2012

“Dia Penolong Yang Tak Berdaya“  
“TUHAN menjaga orang-orang asing, anak yatim dan janda ditegakkan'Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan’Nya”  (Mazmur 146:9) . Contoh orang-orang tersebut, menggambarkan mereka yang keadaannya tak ada daya dan upaya atau lemah, seperti ;  1)  Orang asing . Seandainya kita berada disatu tempat asing, yang kita tidak me ngerti bahasa maupun adat kebiasaannya . Kita juga,tak punya kenalan atau saudara disana . Tentu hidup kita akan menghadapi kesulitan yang besar .  Namun,meski seandainya kita ini asing,atau sama sekali tidak tahu, apa yg ada didepan kita atau apa yang akan terjadi didalam kehidupan kita,maupun didalam dunia ini . Dan sekalipun, kita sama sekali tidak punya harapan ataupun andalan kepada siapapun, tapi jangan takut ! Sebab Tuhan telah ber janji, bahwa Dia akan akan terus menyertai kita sampai akhir zaman (Matius 28:20) . Dan tidak akan ada yang bisa menang, atau bertahan terhadap kita, karena penyertaan Tuhan (Yosua 1:5) .   Asal kita mau datang dan berseru pada Tuhan. Sebab barang siapa berseru pada nama Tuhan,akan diselamatkan (Roma 10:13) . 
2)  Anak yatim . Ketika gempa di Nias, ada banyak anak-anak kehilangan kedua orang tua, dan seluruh harta bendanya . Ada beberapa puluh anak dibawa ke Bandung, dan ditempatkan disebuah rumah yatim piatu .  Ketika satu saat, saya berkesempatan  melayani mereka, meski masih nampak ada sisa-sisa trauma dan kedukaan pada wajah mereka, namun ketika saya tanyakan tentang harapan dan masa depan mereka, mereka nampak semangat dan sangat optimis sekali untuk mencapai cita-cita mereka . Tak nampak ke raguan dan takut, bahwa tak ada lagi orang tua yang menolong, melindungi, mengajari dan akan membiayai mereka .  Rupanya Firman Tuhan, telah mengkuatkan, membangkitkan dan menggugah pikiran juga iman mereka . Karena inilah, yang Tuhan janjikan pada mereka ; “sekalipun ayah,ibumu meninggalkan kamu, Tuhan tak akan pernah lupakan dan tinggalkan kamu” (Yesaya 49:15).
3)  Janda-janda .  Satu ketika seorang teman, kunjungi seorang janda yang suaminya baru meninggal .  Janda ini punya lima anak kecil,yang masih butuh banyak biaya . Sementara ; selama ini, sijanda hanyalah seorang ibu rumah tangga, yang tak pernah mencari uang seperti suami nya .  Bayangkan betapa cemas dan takutnya hati sijanda, setelah ditinggal suami yang jadi satu-satunya pencari nafkah ? Tapi ketika teman tadi berkunjung, dia heran ; sebab sama sekali sijanda tadi, tidak nampak murung, menangis dan ketakutan untuk hadapi kehidupannya .  Ketika ditanya, kenapa dia tak nampak susah dan takut ?  Dia katakan, buat apa saya lakukan itu,bukankah Tuhan sudah jamin ; pasti akan menolong, mengangkat,bahkan menegak kan saya dan anak-anak saya ?  Jadi untuk apa saya takut dan menyusahkan diri ?   Saudara, sekalipun secara manusia, mereka digolongkan yang lemah tak berdaya, namun secara iman dan percaya, mereka nampak kokoh dan teguh .  Dan justru yang seperti itulah, yang akan melihat kemuliaan Tuhan . Gbu .

Tidak ada komentar: