Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Kamis, 20 September 2012


Rahasia Keberhasilan Raja Uzia“ 
Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN,tepat seperti yang dilakukan Amazia, ayahnya. Ia mencari Allah selama hidup Zakharia, yang mengajarnya supaya takut akan Allah. Dan selama ia mencari TUHAN, Allah mem buat segala usahanya berhasil (2 Tawarikh 26:4-5). Uzia jadi raja,pada usia 16 tahun . Mungkinkah seorang yg masih terlalu muda dan tak berpengalaman,dapat memikul tanggung jawab yg begitu besar, yaitu jadi pemimpin atas bangsa yg besar ? Sementara ada begitu banyak pemimpin yg sudah berusia banyak,dan juga berpengalaman banyak, namun nyatanya tidak mampu jadi pemimpin yg baik bagi rakyatnya .  Jika membaca ayat ke. 3, dikata kan bahwa Uzia mampu memimpin kerajaannya selama 52 tahun . Dia sanggup memimpin dengan baik,hingga negaranya jadi sangat maju dan kaya.  Lalu apa yg buat Uzia, mampu seperti itu ? Apa karena Uzia seorang anak ajaib, yg sangat luar biasa hebat dan genius ?  Alkitab sama sekali tak  menyebutkan itu .  Dia lahir secara biasa, dan yg jadi contoh dan gurunya, hanya ayahnya Amazia dan nabi Zakharia.  Lalu apa rahasia keberhasilannya ? 
1)  Ia mencari TUHAN selama hidupnya.  Ketika keberhasilan dan kemuliaan sudah jadi tujuan utama,yg dikejar mati-matian oleh seseorang, maka kemungkinan besar dia akan gagal dan kecewa . Mengapa ? Sebab bukan Tuhan dan segala kebenaran’Nya, yg dia kejar mati-matian dalam hidupnya. Sebab ketahuilah, bahwa ; Manusia diciptakan Tuhan, utamanya memang untuk mencari dan memuliakan Tuhan,supaya selanjutnya segalanya dapat Tuhan tambah-tambahkan kepadanya.  Sebagai seorang manusia atau seorang muda, tentu kita harus memenuhi diri kita dengan berbagai bekal, kemampuan dan pengetahuan .  Tapi sama sekali tidak pernah ada jaminan pasti ataupun pembuktian, yg menyebutkan bahwa keberhasilan seseorang itu, 100%  ber gantung pada hal-hal seperti  itu. Tapi Alkitab memberi jaminan pasti,bahwa tiap orang yg mencari Tuhan dalam hidupnya, sudah pasti akan berhasil (Amsal 16:3) .  Bahkan memberi bukti ; bahwa banyak orang-orang muda yg tadinya tak punya arti apa-apa (seperti Yusuf, Daud, Yakub,Simson, dll)  kemudian TUHAN angkat hidupnya, jadi sangat berhasil, karena mengutamakan “cari Kerajaan Allah dan segala kebenarannya terlebih dahulu “ (Matius 6:33).  Sebab sesungguh nya kuasa untuk membuat seseorang berhasil atau tidak,ada ditangan Tuhan (Yesaya 45:6-7) . 
2)  Ia melakukan apa yg benar dimata TUHAN .  Ketika seorang pemimpin hidup benar didalam Tuhan, maka otomatis dia juga akan berlaku adil dan bijaksana pada rakyat nya, sehingga sudah pasti rakyatpun akan cinta dan senantiasa men dukungnya . Inilah yg buat Uzia berhasil memimpin negaranya sampai sekian lama . 
3)  Takut akan TUHAN, pasti akan jujur terhadap sesama .  Di Kisah Rasul 5:1-10 , ada sepasang suami istri, yang bernama Ananias dan Safira .  Mereka rebah dan mati secara tiba-tiba, karena telah berdusta atau berlaku tak jujur, terhadap Tuhan dan sesama manusia . Seorang pemimpin bisa saja berbuat tak jujur dan mendustai rakyatnya tanpa ketahuan, bahkan tanpa bisa dituntut hukuman apapun . Tapi pasti dia tak akan bisa lolos dari penghukuman Tuhan . Dan hal yg seperti itu tidak dilakukan Uzia, hingga dia sangat didukung dan dicintai oleh rakyat dan para pembantunya, dan pastinya juga oleh Tuhan. Alkitab katakan, hal-hal inilah rahasia yg membuat Uzia berhasil .  Secara manusiawi, kita adalah pemimpin atas diri kita masing-masing, jika kita suka mencari Tuhan, melakukan apa yg benar dan takut akan Tuhan, maka kita bisa menjadi lebih hebat dari banyak orang pintar, dan berpengalaman (Mazmur 119: 98-100) . Sebab di tangan Tuhan, sesuatu yg ‘biasa’ bisa menjadi ‘luar biasa’ . Gbu .

Tidak ada komentar: