Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Rabu, 10 Oktober 2012



Mata Kapak Pinjaman  (Bacaan : 2 Raja 6:1-7) .
Dan terjadilah, ketika seorang sedang menumbangkan sebatang pohon, jatuhlah mata kapaknya kedalam air.  Lalu berteriak-teriaklah ia : “Wahai tuanku ! Itu barang pinjaman !” (2 Raja 6:5) .  Mata kapak yg mereka pinjam itu, adalah alat untuk memperluas apa yg mereka miliki .  Namun kemudian, karena kelalaian jadi lenyap tenggelam . Semua yg ada pada kita, sebenarnya adalah pinjaman dari Tuhan . Tapi setidaknya, saya ingin kemukakan 3 hal saja, yaitu :  1) Kehilangan harta benda dan segala yang kita miliki .  Saudara jika kita katakan ; saya hebat, cerdas, kaya, kuat,cantik,tampan dan lain sebagainya,ingatlah ; bahwa semua  nya itu,hanyalah pinjaman sementara dari Tuhan,yg bisa diambil kapan saja Tuhan mau .  Tuhan adalah pemilik segala sesuatu dilangit, dibumi dan disurga . Jadi jika kita masih memiliki semuanya itu, mulia kanlah Tuhan dengan segala yg ada pada kita, agar semakin di tambahkan Nya lebih banyak lagi pada kita. Tapi jika satu ketika, hal itu diambil dari kita, jangan bersungut- sungut seperti istrinya Ayub.  Tapi mengucap syukur,dan rela hatilah menerimanya . Tuhan yg beri,Tuhan yg ambil, terpujilah Tuhan (Ayub 1:20-22) . 
2)  Kehilangan kesehatan .  Ini adalah sarana kita dalam mencari rejeki/ menambahi  yg kita miliki .  Tidak seorang pun bisa mengatakan, bahwa kesehatan pada tubuh mereka adalah hak milik selamanya . Dan tanpa kesehatan, sehebat dan sepandai apapun kita, jelas tak akan bisa berbuat apa-apa . Oleh sebab itu, rawat, jaga, pelihara, hargai dan syukurilah  kesehatan pinjaman tadi .  Tapi jika satu ketika hal itu, diambil dari kita, jangan bersungut-sungut seperti istri Ayub .  Tapi ucap syukur, dan rela hati menerimanya .  Kenapa hanya mau menerima yg baik saja, tapi tidak mau menerima yg buruk ? (Ayub 2:9-10) .  
3) Kehilangan iman pengharapan. Ini bisa terjadi pada siapa saja,termasuk nabi Elia . Sebab iman bukan bawaan dari lahir, melainkan timbul dari pen dengaran akan Firman Allah . Jika hal ini terjadi, jangan memberontak dan menentang Tuhan (Ayub 3:1 + Ayub 39:34-35) . Tetapi mendekatlah,maka Ia akan mendekat (Yakobus 4:8). Sebab semua kehilangan tersebut diatas, dapat di temukan kembali atau bisa didapat kan kembali (2 Raja Raja 6:6) , oleh pengorbanan kematian Tuhan Yesus dikayu salib . Oleh kematian Tuhan dikayu salib, kita ditebus dari kutuk dosa dan penderitaan warisan Adam dan Hawa. Juga oleh bilur Tuhan dikayu salib,kita bisa disembuhkan.  Juga oleh kematianTuhan,iman pengharapan dipulihkan. Sambut dan gapai itu kemba li, dengan tangan kesungguhan kita (2 Raja-Raja 6:7) . Gbu .  

Tidak ada komentar: