Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Selasa, 16 Oktober 2012



Kemenangan Daud Atas Goliat   (Bacaan : 1 Samuel 17:32-48) .
Berkatalah Daud kepada Saul ; “Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia ; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu” (1 Samuel 17:32) .   Saudara, yg buat Daud menang atas Goliat, tentunya karena penyertaan dan pertolongan Tuhan, itu sudah pasti .  Tapi yg jadi pertanyaan, hal apa yg membuat Tuhan mau beri pertolongan dan kemenangan pada Daud ?  :  
1)  Daud sama sekali tidak pernah takut  (ayat 32) .  Pikirnya ; jika singa dan beruang yang besar, buas dan kuat pun, pernah dihajarnya sampai mati, maka Goliatpun pasti akan dihajarnyanya juga sampai mati (ayat 34-36) .  Seorang petarung hebat, yang punya kemungkinan besar untuk menang, adalah petarung yg tidak punya rasa takut pada lawannya .  Saudara, kita mungkin kecil, muda, lemah, tak punya kemampuan atau keahlian apapun, dalam menghadapi masalah kehidupan kita yg mungkin besar . Tapi jika kita tidak merasa takut, maka itu sudah jadi modal utama yg cukup kuat untuk melawan musuh kita . Jadi janganlah berlaku dan berpikiran lemah, karena ketakutan itu, justru akan mendatangkan hukuman. Dan sekali-kali, roh ketakutan itu bukan berasal dari Tuhan .
2) Daud selalu percaya,Tuhan pasti menolong (ayat 37). Daud selalu percaya, bahwa Allah itu maha kuat dan maha kuasa, itulah sebabnya dia tak butuh andalan senjata atau kehebatan apapun (ayat. 38-39) . Dan jika selama ini, Allah selalu membela, menolong dan melindungi dirinya, maka untuk kali inipun dia tetap yakin bahwa, Allah yang baik juga pasti akan membela dan memberikannya kemenangan, asalkan dia mau selalu tetap percaya (ayat 45-46) .  Sebab Firman Tuhan mengatakan ; lawanlah musuhmu dengan iman yg teguh (1 Petrus 5:9) .
3)  Menyerang/melawan dengan Nama Tuhan.  Daud sama sekali tidak menunggu di serang, tapi dia dulu yg maju dan menyerang dengan : ‘Nama Tuhan’ (ayat 45) .  Saudara, banyak orang ingin lepas dari cengkraman dosa, tapi dosa atau masalah itu dibiarkan saja dan tak mau sepenuh hati dilawan atau diusir dengan ‘Nama Tuhan’, jika demikian jelas iblis dan segala karya kejahatannya, tidak akan pernah lari dan pergi dari kita (Yakobus 4:7) . Gbu .

Tidak ada komentar: