Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Minggu, 07 Oktober 2012



Cermin Kehidupan  
“Sebab jika seseorang hanya mendengar Firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yg sedang mengamat- amati mukanya yg sebenarnya  didepan cermin” (Yakobus 1:23) .  Saat saya renungkan Firman Tuhan ini, saya minta Tuhan jelaskan apa yg Dia kehendaki untuk saya mengerti, dari ayat tersebut diatas .  Lama saya merenung, sampai akhirnya saya pergi kedepan cermin, dan memandangi diri saya sendiri .  Ketika saya ter senyum, bayangan dicermin ikut tersenyum . Saya melotot dan marah, yg dicerminpun lakukan hal sama . Saya mendekat, bayangan dikacapun mendekat. Saya menjauh,yg dicerminpun menjauh. Tiba-tiba saya merasa seperti ditampar, oleh sebuah kesadaran .  Ketika saya tersenyum atas  hidup yg saya terima, sebetulnya saya sedang ter senyum pada Tuhan, yg telah mengkaruniakan kehidupan itu .  Ketika saya mengeluh tidak puas, atau marah-marah dengan apa yg saya terima, maka sebenarnya saya juga sedang memarahi Tuhan, yg akhirnya akan menjadi gusar atas perilaku saya yg tidak hormat dan menghargai kasih setia Tuhan.  Ketika saya mendekat, Tuhanpun mendekat . Ketika Saya menjauh, maka Tuhanpun menjauh seperti bayangan dicermin. Lalu didepan cermin saya gerakan tangan kanan, (tahukah saudara) sebenarnya bayangan dicermin justru menggerakan tangan yg sebelah kiri . Ketika didepan cermin, saya menarik sebuah benda untuk mendekati saya, maka bayangan dicermin juga terlihat menarik bayangan benda tersebut,namun justru sebenarnya menjauhi saya.  Apa pengertian yg saya dapat dari hal tersebut  ? Beberapa hari lalu saya doa tentang sesuatu,dan menyerahkan sepenuhnya  agar Tuhan  mau selesaikan hal itu . Tapi setelah 1 minggu  belum juga lihat jawaban, lalu saya pikir mungkin saya perlu ikut campur untuk bantu Tuhan menyelesaikan nya. Tapi sepertinya Tuhan larang saya lakukan itu .  Karena bukan saja pikiran untuk bantu Tuhan itu sesuatu yg bodoh, tapi saya juga sedang menyangkal doa saya sendiri, yg sudah menyerahkan pada Tuhan untuk menyelesaikannya .  Ikut campur tangan, dengan apa yg sedang Tuhan kerjakan, justru akan kacaukan kerja Tuhan . Sebab jalan saya dan cara saya, tidak sama dengan Tuhan .  Saat saya pikir bayangan dicermin menariknya kekanan, justru sebenarnya kekiri.   Saat saya coba menariknya mendekat,justru sebenarnya sedang mendorongnya menjauh .  Habakuk  2:1-3 , katakan ; tunggu saja dimenara pengintaian (doa) dan biarkan tangan Tuhan sendiri yg selesaikan.  Karena sekalipun nampak agak lambat,namun Tuhan tidak akan ber dusta,janji pertolongan itu pasti ditepati . Gbu.

Tidak ada komentar: