Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Selasa, 13 November 2012


Setelah Dipakai Tuhan”  (Bacaan : 1 Samuel 16:6-18) .
Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel : “Janganlah pandang parasnya atau perawakannya yg tinggi, sebab Aku telah menolaknya .  Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah ; manusia melihat apa yg di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati” (1 Samuel 16:7).  Ayat ini, adalah dialog antara Tuhan dengan Samuel hamba Nya, ketika Tuhan akan mulai memakai Daud sebagai alat . Saudara, mungkin ada banyak orang enggan untuk berikan dirinya, dipakai sebagai alatNya Tuhan.  Karena mereka pikir, hanya buang waktu dan tak ada guna .  Lalu kenapa Daud bisa dipakai sementara yang lain tidak ?  Dan apa pula yang terjadi pada hidupnya, setelah berikan dirinya, dipakai Tuhan ?  1) Tidak ikuti keinginan hati,tapi keinginan Tuhan.  Saudara,mengapa Tuhan memakai atau memilih atau mengurapi/ mengutus Daud,tapi malah menolak saudara-saudaranya ? Bukankah mereka berasal dari keluarga dan keturunan yg sama ?  Lalu mengapa dibeda-bedakan ?  Sama sekali, Tuhan tidak membedakan kita secara fisik .  Itulah sebabnya, tak peduli ; tua muda, besar kecil, laki perempuan, pendidikan tinggi atau tidak, kaya atau miskin, berpangkat atau tidak, Tuhan mau pakai siapapun kita, asal ; kita tidak lagi hidup mengikuti keinginan hati .  Mengapa tidak boleh ?  Sebab ; oleh karena ikuti keinginan hati/ keinginan nafsu daginglah, Esau menukarkan ‘hak’ kesulungannya, sehingga akhirnya ditolak Tuhan, ketika akan menerima anugerah (Ibrani 12:16 -17).  Lihatlah juga,berapa banyak anak muda ataupun juga orang tua, yg masa depan maupun hidup nya hancur, dikarenakan suka mengikuti keinginannya sendiri, dan bukan ikuti keinginan Tuhan ?  Tapi jika kita mau beri diri dipimpin oleh Roh Allah, maka Tuhan akan pakai kita sebagai alat yg luar biasa .  
2)  Sejak dipakai, hidupnya berobah total .  Sebelum, dipilih/diurapi/diutus/dipakai Tuhan ; katanya paras dan perawakan Daud, elok atau cantik seperti wanita (ayat. 12) .  Tapi kemudian berubah ; jadi gagah perkasa seperti pahlawan (ayat. 18) .  Dahulu pekerjaannya, hanya ; gembalakan kambing domba (ayat.11), diubah jadi pahlawan yg ahli berperang (ayat. 18).  Dan Daud berubah total, baik secara penampilan maupun kehidupan, itu semua pasti nya ; oleh karena pembentukan dan anugerah Tuhan .  
3)  Dipakai dengan penyertaan Roh Tuhan. Saudara, karena disertai atau dikuasai oleh Roh Tuhanlah, Simson bisa begitu hebat, kuat, ajaib, berkuasa dan tak terkalahkan. Karena penyertaan Tuhanlah, Daud, Yusuf,Daniel dan kawan-kawan, dan juga masih banyak lagi contoh lainnya, mendapatkan hasil besar, juga berbagai keajaiban dan kekuasaan dalam hidupnya.  Jadi jika kita juga,mau dipakai, mau hidup suci hati, maka Roh Kudus akan pakai kita,dalam perkara-perkara yg dahsyat,untuk mengangkat kita kepada kemuliaan yg dari Tuhan .  Dan dengan penyertaan Roh Tuhan, maka hal itu juga ; menjadi jaminan atau materai bagi Daud ataupun kita,untuk menerima semua janji yang telah Tuhan sediakan bagi kita (2 Korintus 1:22) .  Gbu .

Tidak ada komentar: