Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Jumat, 18 Januari 2013




Ada Hak, Ada Kewajiban”

“Berilah dan kamu akan diberi ;”  (Lukas 6:38 a) .

Dari ayat ini, kita mengerti ; bahwa jika ingin menerima hak, maka kita harus terlebih dulu melakukan kewajiban. Dan dalam hidup manusia, entah itu hubungan sebagai anak dengan orang tua, teman, kekasih, atau atasan dengan bawahan, rakyat dengan pemerintah, atau Tuhan dengan manusia, tidak bisa lepas dari kedua hal .  Oleh sebab itu, saya coba bagi hak dan kewajiban kita dalam 3 kelompok, yaitu :  

1)  Hak dan kewajiban pada Tuhan .  
Saya amat sedih jika dengar orang yang seolah-olah menuntut Tuhan memenuhi, apa yg dia mau, padahal dia sendiri sama sekali tidak mau memenuhi apa yang Tuhan mau .  Mereka mengeluh, dan mengatakan ; Mengapa Tuhan tidak juga mau men dengar atau mengabulkan permintaan saya ?  Kalau tidak ingat harus menjaga perasaan orang, rasanya saya ingin sekali berteriak ditelinganya ; apakah anda sudah mendengar atau mengabulkan apa yg Tuhan minta ? Misalnya : untuk mulai hidup benar dan taat, atau untuk tetap teguh jangan bimbang ? Meski misalnya belum lihat atau rasakan jawaban, dari apa yang kita minta .  Sebab jika kita hidup sungguh dalam Tuhan, dan perintahNya menguasai hidup kita, maka apapun yang kita minta, Tuhan jamin kita pasti menerima (Yohanes 15:7) .  
Atau sudahkah kita mau, dengar teriakan orang susah ?  Sebab jika kita selalu tutup telinga, pada teriakan orang lemah /susah, maka pantas jika Tuhan juga tidak mau mendengarkan kita, jika kita dalam kesusahan  (Amsal  21:13) .  
Jika kita ingin diberkati, jangan lupa kita harus terlebih dulu mau jadi berkat buat orang lain atau pekerjaan Tuhan .  Jika kita ingin dilayani Tuhan, saat dalam kesukaran, sukalah lebih dulu melayani Tuhan .  Lalu ada orang yg mengatakan ; Tuhan saya mau mengabulkan permintaan Mu, jika Engkau sudah mengabulkan permintaanku !  Coba pikir, apa kita menerima gaji dulu baru bekerja, atau sebaliknya ?

2)  Hak dan kewajiban pada diri sendiri . Misalnya ; jika kita ingin punya gigi yg kuat dan sehat sampai tua, apa yang harus kita lakukan ? Tentu saja sejak kecil kita harus rajin dan tekun, untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya .  Demikian juga jika kita ingin memiliki tubuh yang sehat sampai tua, jagalah kesehatan kita dari kecil, suka berolah raga, menjauhi hal-hal yang merusak ataupun makanan yang tidak sehat . Jangan makan berlebihan (mengikuti nafsu), tapi cukup sekedarnya saja (berhentilah sebelum kenyang) .  Sebab sebanyak apapun makanan yang kita makan, sebenarnya tubuh kita sama sekali, tidak membutuhkan asupan gizi yang berlebih .  Tapi semua yang berlebih itu, hanya akan membuat timbunan sampah dalam tubuh, yang suatu hari kelak pasti akan menimbulkan sakit penyakit .  3)  Hak dan kewajiban pada sesama .  Demikian juga hubungan kita dengan sesama .  Firman Tuhan katakan : Apa yg kita mau orang lakukan pada kita, lakukanlah itu terlebih dahulu ( Lukas 6:31).  
Jika kita suka menghormati, maka pasti kita juga akan sangat dihormati .  Atau jika kita suka menolong, pasti kita juga suatu hari akan ditolong . Gbu .

Tidak ada komentar: