Menuju Pribadi . . . .

Menuju pribadi yang semakin diperkenan oleh Tuhan . By Saut Panjaitan.

Minggu, 03 Maret 2013


Tanda Darah Yesus

Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal : Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu . Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir” (Keluaran 12:13) . Oleh tanda darah, maka Umat Israel lepas dari hukuman dan kemusnahan yg Tuhan timpakan di Mesir . Lalu apa saja kegunaan tanda darah itu bagi kita ? 1) Tanda darah hapuskan segala dosa kita . Dikitab Taurat, dikatakan, bahwa ; tanpa penumpahan darah, maka tak akan ada pengampunan dan penghapus an dosa (Ibrani 9:22) . Lalu apa bisa dengan darah binatang ? Jika yang akan ditebus itu juga binatang, maka mungkin saja bisa (Ibrani 10:4) . Tapi karena yg ditebus manusia, maka harus yg serupa dan segambar dengan manusia itulah (Kejadian 1:27),yg bisa menebusnya. Yaitu oleh darah Kristus yg mahal, tak bercacat dan tak bernoda (1 Petrus 1:19) . Dan saya amat bersyukur akan hal ini, sebab semua itu Allah berikan secara cuma-cuma . Coba bayangkan, jika harus dengan korban darah domba atau lembu jantan, maka kemungkinan saya yg miskin (tak berharta) ini, sampai matipun tak akan bisa menebus dosa, karena tak mampu beli domba apalagi sapi . Lalu benar kah pengampunan Tuhan benar-benar bisa menghapus kesalahan kita ? Saudara, saat muda saya banyak lakukan kejahatan . Waktu kemudian bertobat sungguh-sungguh dan jadi hamba Tuhan, saya masih berpikir ; jika orang yg pernah saya jahati, pasti masih ingat semua perbuatan saya jika kelak bertemu . Tapi anehnya, seakan-akan dosa saya di lemparkan kedalam tubir laut, dan tak lagi bisa ditemukan (Mikha 7:19). Dari beberapa orang yg saya temui lagi, ternyata sama sekali tak pernah lagi bisa ingat, apa yg saya pernah perbuat atas mereka, bahkan meski saya coba ingatkan dengan secara terus terang . Dan jika manusia dan dunia tak lagi bisa menemukan atau mengingat dosa kesalahan saya, maka Tuhanpun katakan ; Dia akan juga ampuni dan lupakan segala dosa kesalahan saya (Yohanes 20:23). 2) Tanda darah lindungi kita dari kutuk dan celaka . Karena tanda darah, umat Israel terluput dari tulah dan kemusnahan . Dan bukan hanya mereka saja, tetapi juga sampai kepada harta benda nya, Tuhan bedakan dari orang-orang lain (Keluaran 11:7) . Saudara, jika orang tua nya penzinah, pelaku kejahatan dan dosa, maka dapat dipastikan ; anak nya juga akan seperti itu, bahkan lebih hebat lagi . Jika orang tua kanker, kencing manis, penyakit jantung, maka dapat dipastikan anak keturunannya juga akan seperti itu . Tapi syukur, Tuhan sudah mati dikayu salib, untuk memutuskan segala kutuk itu (Galatia 3:13), sehingga kita tak lagi perlu memikul atau mengalami semua itu, jika kita sungguh-sungguh bertobat dan hidup didalam Tuhan . Seorang dukun terkenal, merasa marah karena ; sejak teman saya pindah menjadi tetangganya dan membuka ibadah, maka prakteknya jadi sepi . Lalu dia kirim santet kegenteng rumah pendeta ini, sampai tiga kali . Dan hebatnya dia benar-benar berhasil, tapi bukan menyantet teman saya melainkan mem buat corong aliran air digenteng rumah sipendeta tersumbat . Dan akibatnya malah berbalik sidukun yg kemudian jatuh sakit dan muntah-muntah darah . Hingga satu hari, saat doa pagi si dukun datang merangkak minta ampun dan kemudian bertobat dan dimenangkan bagi Tuhan . 3) Tanda darah merupakan jalan masuk pengharapan baru . Sejak adanya tanda darah itu, maka umat Israelpun terlepas dari Mesir untuk memasuki tanah perjanjian . Sebab oleh tanda darah itu, yang kemudian membuat mereka menerima berkat-berkat Abraham (Galatia 3:14) . Seberapa hebatnya berkat-berkat itu ; kaya dengan kemuliaan dan sangat dahsyat kekuasaan yg Tuhan akan berikan (Efesus 1:19-19) . Gbu .

Tidak ada komentar: